Begini Ciptakan Kerja Nyaman dan Sehat

JAKARTA, NNC – Organisasi Perburuhan Internasional ( ILO) dan Dewan K3 Nasional mendorong kesadaran K3 untuk menciptakan lingkungan kerja yang aman dan sehat.

Direktur ILO di Indonesia Michiko Miyamoto, mengatakan salah satu mandat Organisasi Perburuhan Internasional ( ILO) adalah mempromosikan lingkungan kerja yang aman dan sehat sebagai hak dasar pekerja. Karenanya, penting untuk memastikan adanya tindakan-tindakan keselamatan di tempat kerja guna meningkatkan perlindungan terhadap kesehatan dan kehidupan semua pekerja dari bahaya.”

Untuk itu, lanjutnya, ILO terus mendukung upaya-upaya negara anggota dalam memperkuat kapasitasnya untuk mencegah kecelakaan dan penyakit akibat kerja.

Sementara itu, Wakil Ketua Dewan Keselamatan dan Kesehatan Kerja (K3) Nasional atau DK3N Rudiyanto menyatakan bahwa Pemerinta Indonesia berkomitmen untuk memastikan keselamatan dan kesehatan serta keamanan lingkungan kerja bagi seluruh pekerja dan masyarakat Indonesia.

“DK3N akan menjalin kerja sama dengan semua pemangku kepentingan dan mitra dalam memperkuat kesadaran, langkah pencegahan dan pengendalian risiko K3 guna memastikan penerapan K3 yang lebih baik. Tidak hanya oleh masyarakan industru, namun juga oleh masyarakat secara umum,” kata Rudiyanto, dalam siaran persnya, Kamis (1/2/2018).

Menurut perkiraan ILO terbaru, lebih dari 1,8 juta kematian akibat kerja terjadi setiap tahunnya di kawasan Asia dan Pasifik, sementara di tingkat global, lebih dari 2,78 juta orang meninggal setiap tahun akibat kecelakaan atau penyakit akibat kerja. Selain itu, terdapat sekitar 374 juta cedera dan penyakit akibat kerja yang tidak fatal setiap tahunnya.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *